berkebun kopi yang baik adalah suatu alternatif untuk para petani yang mau menggeluti tanaman kopi ,
Kopi merupakan komoditas perkebunan di dunia yang paling banyak diperdagangkan. adapun pusat-pusat budidaya kopi ada di Amerika Latin, Amerika Tengah, Asia-pasifik dan Afrika sedangkan di indonesia sendiri terdapat dihampir semua pulau. untuk konsumen kopi terbesar ada di negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Wajar bila komoditas kopi ini sangat banayak diperdagangkan. untuk penanaman kopi sendiri bagus tidaknya dipengaruhi oleh iklim dan keadaan tanah.banyak varian kopi  yang ada saat ini dan syarat untuk hidup tergantung varian kopi dan daerahnya langsung saja kita bahas.
 yang pertama yaitu cara pemilihan bibit 
dalam pemilihan bibit kita harus selektif, sedangkan tanaman kopi ini sangat banyak jenisnya tapi hanay beberapa yang di produksi atau dibudidayakan contohnya disini adalah kopi robusta dan arabika yang saat ini sangat terkenal dan populer dikalangan kita. perlu diketahui setiap jenisnya memiliki keunggulan yang berbeda-beda dan hasil bagus ngganya juga ditentukan dari iklim tentunya. untuk kopi jenis arabika jenis lahannya adalah diketinggian 800 meter diatas permukaan laut , sedangkan untuk robusta sendiri cocok ditanam di ketinggian 400-700 meter diatas permukaan laut, untuk penanaman didataran rendah sendiri bisa juga tapi hasil tak sebagus yang didataran tinggi.
yang kedua adalah pemilihan bibit
dalam  pencarian bibit anda harus mencari bibit yang unggul supaya nanti hasilnya sangat memuaskan karna bibit juga mempengaruhi hasil buahnya atau hasil panennya. dan siapkanlah pohon peneduh. carilah bibit yang bagus didaerah anda masing-masing , peringatan untuk pohon peneduh disarankan ditanam 2 tahun sebelumnya bisa pakai pohon-pohon yang bisa tumbuh besar dengan cepat.
bibit kopi
yang ketiga yaitu penanaman bibit
Buat lubang tanam dengan ukuran 60x60x60 cm, pembuatan lubang ini dilakukan 3-6 bulan sebelum penanaman. Saat penggali lubang tanam pisahkan tanah galian bagian atas dan tanah galian bagian bawah. Biarkan lubang tanam tersebut terbuka. Dua bulan sebelum penanaman campurkan 200 gram belerang dan 200 gram kapur dengan tanah galian bagian bawah. Kemudian masukkan kedalam lubang tanam. Sekitar 1 bulan sebelum bibit ditanam campurkan 20 kg pupuk kompos dengan tanah galian atas, kemudian masukkan ke lubang tanam. lalu masukan bibit yang sudah kita sediakan.
Jarak tanam budidaya kopi yang dianjurkan adalah 2,75×2,75 meter untuk robusta dan 2,5×2,5 meter untuk arabika. Jarak tanam ini divariasikan dengan ketinggian lahan. Semakin tinggi lahan semakin jarang dan semakin rendah semakin rapat jarak tanamnya.
selamat mencoba ……. 
 

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

4k fhd hd channels. Simon says web design – simon says web design. Archiwa uncategorized » e skuteczni : darmowe metody zdobywania klientów.